Home Bisnis • Cara Melakukan Pembayaran Pajak Motor 5 tahunan

Cara Melakukan Pembayaran Pajak Motor 5 tahunan

Cara Melakukan Pembayaran Pajak Motor 5 tahunan

cara-melakukan-pembayaran-pajak-motor-5-tahunan

Salah satu jenis pajak yang mungkin akan sangat sering untuk anda lakukan adalah pajak motor 5 tahunan. Pajak ini sama dengan perpanjangan STNK. Memang untuk pembayaran pajak 5 tahunan ini mengalami sedikit perubahan namun tetap saja bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Tak perlu untuk terlalu ribet asalkan sudah mempersiapkan barang-barang yang harus anda bawa dan juga melakukan alur pembayaran yang tepat maka anda sudah bisa melakukan pembayaran pajak motor 5 tahunan dengan cepat.

Adapun syarat-syarat dokumen yang harus anda siapkan adalah :

  1. BPKP Asli dan Fotokopi 3 lembar
  2. STNK asli dan fotokopi 3 lembar
  3. KTP/SIM asli dan fotokopi 3 lembar
  4. Map

Jika semua dokumen tersebut sudah anda siapkan, selanjutnya anda masukkan ke dalam map kemudian langsung untuk melakukan proses mekanisme pengurusannya. Dengan mekanisme pengurusan yg tepat dan dengan alur yang tepat sudah pasti anda akan bisa mengurus pajak motor dengan lebih cepat. Berikut ini alur pengurusan untuk pembayaran pajak motor 5 tahunan.

  1. Loker Cek Fisik

Disini anda mengambil formulir cek fisik. Anda tinggal mengisi sesuai data data yang tertera pada STNK. Setelah itu bawa motor ke tempat cek fisik konsultan pajak jakarta. Saat diloket ini tidak perlu bingung sebab anda akan dibantu oleh petugas untuk mencocokkan nomor rangka dan nomor mesin sesuai data STNK dengan cara digesek.

  1. Loker Penomoran

Setelah ke loket pertama berikutnya anda tinggal pindah ke loket penomoran. Untuk loket yang satu ini anda harus membawa hasil cek fisik yang sudah anda lakukan di loket cek fisik. Di penomoran ini anda tinggal menunggu setelah anda melengkapi persyaratan tersebut.

  1. Loket BPKP

Setelah di cek kelengkapannya di penomoran, kemudian bisa anda lanjutkan untuk masuk ke loket BPKB. Untuk loket ini akan dilakukan pengecekan BPKB saja.

  1. Loket Formulir

Setelah langkah ketiga selesai kemudian anda harus balik lagi loket Formulir. Untuk loket yang satu ini anda harus mengambil formulir yang sudah disiapkan dan membayar biaya adminisatri yang sudah ditetapkan.

  1. Loket Pendaftaran/Kasir

Berikutnya tinggal menuju ke loket pendaftaran. Yang perlu anda lakukan hanyalah menunggu hinga nama anda dipanggil, setelah dipanggil kita membayar biaya pajak sesuai yang tertera pada surat Pajak Tahunan Motor kita.

  1. Loket Pengambilan STNK Baru

Dari Kasir kemudian ke loket pengambilan STNK baru. Untuk bisa mengambil STNK yang baru anda harus menunjukkan Bukti pembayaran pajak tadi ke loket pengambilan STNK baru.

  1. Loket Pengambilan Plat Nomor

Setelah STNK yang baru sierahkan berikutnya anda tinggal ke Loket pengambilan Plat nomor. Diloket ini anda akan mendapatkan plat nomor baru anda dan langkah untuk pembayaran pajak pun selesai.

Dengan mengetahui proses yang lebih tertata ini nantinya anda tinggal mengajukan segala dokumen dan langsung untuk memproses dari satu loket ke loket lain. Dengan cara yang mudah tersebut anda akan langsung mendapatkan STNK anda yang baru.

 

Author:bonavendoms